Home » Artikel » Besarnya Potensi Usaha Sarang Walet

Besarnya Potensi Usaha Sarang Walet

Nov
16
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Pastinya Anda pernah mendengar mengenai sarang walet. Sarang walet dikenal memiliki harga yang mahal, oleh sebab itu mungkin banyak di antara kita yang baru mengetahui tetapi belum pernah mencoba memakannya.

Sarang walet sudah dari satu abad yang lalu sudah dimanfaatkan karena mempunyai kandungan protein yang tinggi. Mulainya pertama kali sarang walet diketahui pada tahun 1589 ketika Jendral Cheng Ho berlabuh dan membawa oleh-oleh dari Indonesia yaitu olahan dari sarang walet untuk diberikan sebagai hadiah untuk Kaisar Dinasti Ming.

Pada zaman dulu masakan yang dihasilkan dari sarang walet seperti halnya sup sarang walet menjadi hidangan yang sangat spesial dan tinggi harganya, dan telah menjadi olahan kesukaan di kalangan istana.

Masakan dari sarang walet pun menjadi makanan favorit di kalangan istana, karena kandungan nutrisi yang banyak memberikan manfaat dan rasanya yang enak, sarang walet dijadikan sebagai hidangan yang mewah dengan kandungan gizi yang banyak sekali manfaatnya.

Sarang walet yang tersusun air liur walet dengan tekstur gelatin (seperti agar-agar), memiliki bau seperti putih telur, bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menjadikan hasil warna kulit yang bersih bersinar dari dalam, tidak hanya itu saja tetapi masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan dari mengkonsumsi sarang walet.

sarang walet dengan grade A

Sarang Walet Grade A

Air liur burung walet, terdiri dari glikoprotein yang membantu memproduksi sel-sel yang berfungsi membantu sistem kekebalan tubuh. Sejumlah 12 sarang walet dengan berat sekitar 100 gram memiliki kandungan 345 kilo kalori dengan kadar protein sebanyak 85% dan 0,3% lemak. sarang walet diketahui juga mengandung 17 asam amino esensial, semi esensial, dan non-esensial, dan ditemukan 6 mineral berharga seperti kalsium, kalium, besi, phospor, dan natrium.
Mineral-mineral yang terkandung pada sarang walet sangat ampuh untuk meningkatkan dan membantu kinerja tubuh. Terkandung 6 mineral berharga seperti besi, phospor, kalium, kaslium, dan natrium.

Selain itu juga sarang walet mempunyai kandungan protein yang berupa glikoprotein yang paling besar jumlahnya dari sebagian unsur selain karbohidrat, lemak dan air, totalnya sebesar 50%.

Protein yang ditemukan dalam sarang walet di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai zat renegenerasi, yang dapat membanru mendirikan sel-sel dan jaringan baru serta juga memiliki peran aktif di sistem metabolisme tubuh.

Sarang walet dapat memperlancar kinerja paru-paru, membuat darah lebih bersih dan membangkitkan stamina setelah sakit. Selain itu, sarang walet bisa menyembuhkan sakit asma, memperkuat daya ingat dan meningkatkan kerja otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kinerja jantung, memperlancar aliran darah serta untuk mencegah penuaan dini.

Usaha Sarang Walet yang Memberi Banyak Keuntungan

peluang usaha sarang walet

Penataan Sarang Walet

Usaha sarang walet sekarang sudah cukup populer. Banyak orang mencoba menekuni bisnis usaha sarang walet karena usaha sarang walet merupakan usaha yang menjanjikan banyak keuntungan. Dengan melihat potensi harga sarang walet yang bisa dikatakan harganya tinggi menjadi salah satu daya tarik dari usaha sarang walet.

Pengusaha sarang walet umumnya hanya mengeluarkan modal besar diawal. Setelah usaha berjalan mereka hanya perlu menjaga dan jika mungkin terus meningkatkan usaha mereka dengan menambah tempat untuk burung walet membuat sarang.
Kebanyakan sarang walet dikumpulkan dari penghasil sarang burung walet yang membudidayaan burung walet di gedung-gedung atau biasa dikenal dengan walet rumahan. Tapi tidak sedikit pula sarang walet didapat dari gua-gua alam.

Sarang walet rumahan harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan sarang walet gua. Hal ini dikarenakan bentuk dari sarang walet rumahan lebih baik daripada sarang walet gua. Material campuran sarang walet rumahan pun juga terkadang lebih banyak mengandung air liur walet.

Beda Jenis Sarang Walet Beda Harga

Sarang walet jenis sarang putih

Jenis Sarang Walet Putih

Terdapat beberapa jenis sarang walet yang masing-masing mempunyai tingkatan harga yang berbeda-beda. Dari kebanyakan sarang walet yang biasanya diperjualbelikan mempunyai harga yang beraneka ragam tergantung jenisnya. Misalnya saja sarang putih, sarang merah, sarang hitam, sarang lumut, dan lainnya.

1. Sarang Putih

Sarang putih adalah sarang walet yang seluruhnya tersusun dari air liur walet (saliva), meskipun kadang kala ada sedikit campuran seperti bulu-bulu halus walet. Sarang walet ini sering disebut dengan nama edible-nest swiftlet, Yen-yu.

Harga sarang walet putih rumahan harganya berkisar sekitar Rp. 7.000.000, sampai Rp. 15.000.000, harga bahkan dulunya pernah bisa lebih tinggi lagi. Sedangkan sarang walet gua harganya berkisar sekitar Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000.

2. Sarang Hitam

Untuk sarang walet hitam dibuat dari campuran air liur yang berpadu dengan bulu-bulunya. Campuran bulu-bulunya seringnya lebih banyak dan merata, oleh sebab itu memberi kesan sarang tersebut berubah jadi berwarna hitam yang biasa disebut dengan sebutan Black-nest swiflet.

Harga Sarang walet hitam berkisar kira-kira Rp. 1.000.000, sampai Rp. 4.000.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet yang berwarna hitam ini dipengaruhi oleh kandungan air liur walet di sarang itu hanya sekitar antara 30 – 60% saja.

3. Sarang Lumut

Harga sarang walet lumut ini memiliki harga yang lebih rendah, yaitu berkisar sekitar Rp 100.000 sampai Rp. 200.000 per kilogramnya. Harga yang murah dari sarang walet lumut ini karena sarang hanya mempunyai kandungan liur sebesar 2 sampai 3 gram saja.

4. Sarang Merah

Sarang walet yang berwarna merah merupakan sarang walet dengan harga paling tinggi. Sarang walet merah lebih kompleks mengandung protein dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk mengobati segala jenis penyakit.

Mendapatkan sarang walet merah juga lebih sulit dibandingkan dengan sarang walet lainnya. Sarang walet merah biasanya ditemukan di saat musin penghujan ditempat yang dengan kelembaban udara yang sangat tinggi.

Sarang walet merah harganya lebih tinggi dibanding yang lain, yaitu berkisar Rp. 8.000.000, hingga puluhan juta rupiah. Harga sarang walet merah yang memiliki harga tinggi harus memiliki kualitas yang bagus, yaitu tanpa adanya kotoran dan campuran lain pada sarang.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016