Home » Artikel » Penyebab Turunnya Kualitas Sarang Walet

Penyebab Turunnya Kualitas Sarang Walet

Jan
13
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel
Sarang Walet Kotor dan Sarang Walet Bersih

Sarang Walet Kotor dan Sarang Walet Bersih

Sarang walet memang terkenal memiliki harga yang sangat tinggi. Harga sarang walet sangat beragam meski jenis dari sarang tersebut sama. Yang salah satu menjadi penentu dari tinggi rendahnya harga sarang adalah dari kualitas sarang tersebut.

Sarang walet yang memiliki harga yang mahal karena kualitasnya yang tinggi. Kualitas sarang walet merupakan menjadi penentu yang dapat dilihat dari tingkat kemurniannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sarang walet menjadi turun kualitasnya. Misalnya saja adanya kotoran, bulu burung walet, karena pengaruh cuaca, masa panen sarang, serat perubahan warna pada sarang yang juga turut mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas dari sarang walet.

Kotornya sarang dapat disebabkan karena beberapa faktor, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan sarang walet menjadi kotor:

  1. Sarang burung walet kotor karena akibat dari panen tetasan. Sarang walet menjadi kotor karena pada waktu telur walet menetas dan kemudian cangkang telur tersebut menempel pada sarang.
  2. Sarang kotor akibat dari masa panen. Pada saat memanen sarang, pada saat yang bersamaan burung walet sedang musim rontok bulu yang mengakibatkan sarang walet menjadi terkontaminasi oleh bulu burung walet tersebut.
  3. Sarang walet kotor karena akibat dari media sirip yang kotor. Hal itu dapat terjadi karena bahan yang digunakan sebagai media sirip menggunakan kayu yang mudah melepaskan air. Akibat yang ditimbulkan adalah sarang yang menempel pada kayu akan berubah warnanya. Selain itu jika sirip yang digunakan terbuat dari bahan coran dapat mengakibatkan sarang terkontaminasi oleh pasir.
  4. Sarang yang kotor atau rusak karena disebabkan oleh hama misalnya karena hama kecoak, kutu busuk, jamur, cicak, tokek dan lainnya.
  5. Sarang walet yang berubah warnanya menjadi kekuningan diakibatkan oleh adanya pencemaran dari amoniak yang berasal dari kotoran burung walet yang menumpuk di dasar lantai.

Sarang walet yang sudah terkontaminasi oleh bulu burung walet, kotoran burung walet maupun yang lainnya harganya dapat berbeda jauh dengan harga sarang walet yang memiliki kualitas super.

Sarang walet dikatakan memiliki kualitas jika memang sarang tersebut sepenuhnya terbuat dari air liur burung walet yang tidak terkontaminasi atau tercampur dengan apa pun. Harga sarang walet super dapat berkali- kali lipat besarnya dibanding dengan harga sarang walet yang kotor.

Tipe Sarang Walet

Tipe sarang walet

Sarang Walet

Selanjutnya yang menjadi tolak ukur dari tinggi rendahnya kualitas sarang walet adalah dari bentuk sarang tersebut. Ada beberapa tipe bentuk sarang walet yang ada di pasaran. Berikut perbedaan dari tipe masing-masing bentuk sarang walet tersebut:

1. Sarang Walet Bentuk Tipe Mangkuk

Sarang walet tipe mangkuk merupakan sarang burung walet yang utuh atau tidak pecah. Sarang ini terdiri dari serat tipis dan serat yang tebal. Serat tipis pada saat di masak akan menjadi seperti bihun (bee hoon), kemudian serat yang tebal akan menjadi kenyal saat di masak.

Karena bentuk dari sarang walet dengan tipe bentuknya seperti mangkuk tersebut bagus, tak jarang banyak yang menjadikannya sebagai kado kepada orang lain maupun di santap untuk hidangan istimewa bersama keluarga. Kualitas sarang ini adalah yang terbaik dari sarang tipe lainnya.

2. Sarang Walet Tipe Sudut

Sarang walet tipe ini merupakan sarang yang memiliki bentuk seperti mangkuk yang terbelah empat. Sarang ini merupakan saran yang terbentuk dari pertemuan dua sirip. Bentuk dari sarang ini kurang disukai oleh banyak orang. Untuk kualitasnya sarang ini lebih rendah dari sarang tipe mangkuk.

3. Sarang Walet Tipe Patahan

Sarang walet yang tidak lagi utuh atau pecah itulah yang disebut dengan sarang walet patahan. Sarang walet patahan juga masih terdiri atas serat tipis dan serat yang tebal, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi sendiri.
Meski model bentuk sarang ini tidak lagi seperti mangkuk, namun setelah dimasak rasa dan bentuknya tidak berbeda dengan sarang burung walet mangkuk.

Untuk harga dan kualitas sarang walet patahan lebih rendah tingkatannya dari sarang walet mangkuk. Karena sarang walet patahan sudah dianggap menurun kualitasnya.

4. Sarang Walet Tipe Kaki

Sarang walet ini merupakan bagian dari sudut sarang burung walet yang menempel pada dinding tempat bersarangnya. Bagian ini memiliki tingkat kekenyalan yang lebih tinggi dari pada yang lain. Hal ini karena bagian ini yang menjadi penahan sarang walet pada tempat melekatnya. Kualitas sarang tipe kaki masih di bawah sarang patahan.

5. Sarang Walet Tipe Serabut

Tipe serabut merupakan bagian dalam dari sarang burung walet. Ada yang mengatakan bahwa serabut ini merupakan makanan dari anakan burung walet. Jika telur tidak menetas maka serabut akan utuh di dalam sarang.

Sarang tipe ini sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak dan bayi karena sarang tipe ini mempunyai tekstur yang sangat lembut. Harga sarang tipe ini masih di bawah dari sarang tipe kaki.

6. Sarang Walet Tipe Hancuran

Sarang tipe ini merupakan remahan atau sarang yang hancur yang kemudian dibentuk kembali menjadi bentuk seperti wafer (persegi panjang) maupun dengan bentuk lain.

Sarang tipe ini memiliki tekstur dari lembut ke sedang. Teksturnya tidak kenyal seperti sarang tipe lainnya. Sarang tipe ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Itulah beberapa ulasan tentang kualitas sarang walet dan tipe sarang walet yang masing-masing mempengaruhi harga jual dari sarang walet tersebut. Jika Anda berminat ingin mendapatkan sarang walet dari berbagai tipe yang memiliki kualitas baik, Anda dapat menghubungi kami. Kami menerima pengadaan sarang walet dari berbagai tipe dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Samarinda
Phone 081251095093
Copyright © 2016