Home » Artikel » Pembagian Ruangan Rumah Walet

Pembagian Ruangan Rumah Walet

Jan
02
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Dalam pembangunan rumah burung walet juga harus memperhatikan pembagian-pembagian ruangan yang dapat membuat burung walet menjadi lebih nyaman. Jika ada ruangan-ruangan yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri pastinya burung walet akan lebih maksimal dalam pembuatan sarang dan berproduksi.

Pembagian rung memang memiliki tujuan tertentu. Ada beberapa pembagian rumah walet yang sengaja diadakan untuk membuat walet lebih nyaman tinggal di dalam gedung.

RumaH walet

RumaH walet

Pembagian ruangan rumah walet tersebut di antaranya:

1. Adaptation Room (AR)

Adaptation Room merupakan ruangan adaptasi yang digunakan sebagai ruangan untuk penyesuaian diri atau ruangan transisi untuk melakukan eksplorasi lebih ke dalam rumah walet agar tidak merasa terjebak di dalam gedung.

Ruangan Adaptation Room didesain sedemikian rupa agar burung walet lebih mudah menemukan jalan keluar dan masuk ke gedung. Ruangan ini sebagai perantara atau ruangan transisi yang boleh dibuat asal keadaannya memungkinkan.

2. Roving Room (RR)

Roving Room (RR) merupakan ruangan bebas yang dapat digunakan burung-burung walet untuk terbang bebas berputar-putar. Ruangan ini adalah ruangan yang berada setelah burung walet masuk ke dalam gedung.

Burung walet setelah masuk ke dalam gedung akan terbang bebas berputar-putar di ruangan ini. Sebenarnya ruangan ini hanya sedikit berbeda dengan ruangan Nesting Room, untuk desain rumah walet sederhana kebanyakan RR dan NR digabungkan menjadi satu dan tidak ada lubang antar lantai.

3. Equipment Room (ER)

Equipment Room merupakan ruangan peralatan yang digunakan untuk menyimpan berbagi peralatan yang berkaitan dengan pengelolaan rumah walet misalnya saja seperti peralatan untuk memanen sarang burung walet, sound system, dan peralatan lainnya agar tidak mudah rusak atau hilang karena kelembaban udara yang tinggi dalam ruangan.

4. Extra Feeding Production Room (EFR)

Extra Feeding Production Room (EFR) disediakan apabila ada niat untuk memproduksi sendiri serangga yang nantinya untuk pakan burung walet, serangga-serangga ini bertujuan untuk mencukupi pakan burung walet bisa dikatakan sebagai pakan tambahan yang dibutuhkan di saat memasuki musim kemarau.

Butuh perencanaan awal yang matang untuk dapat membuat burung walet agar mau masuk kemudian menginap dan betah tinggal bersarang di dalam gedung. Untuk dapat mewujudkannya pembangunan rumah walet harus dibangun dengan prinsip yang benar dan jika dimungkinkan diberi sarana yang memadai yang dapat membuat burung walet betah tetap tinggal dalam gedung.

Idealnya yaitu dengan menyiapkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai dengan desain rumah walet yang baik. Bukan malah sebaliknya yaitu dengan membuat desain ruah walet yang nantinya disesuaikan dengan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) yang seadanya.

Dengan adanya perencanaan sebelum pembangunan dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang mungkin perlu harus melakukan bongkar pasang yang pada akhirnya menjadi suatu pemborosan.

Tidak ada standar ukuran luas bangunan untuk rumah walet, begitu juga dengan desainnya. Meski demikian prinsip dasar menentukan ukuran luas minimal rumah walet juga tidak boleh diabaikan.

Prinsip dasar ini berdasarkan untuk membuat burung-burung walet betah tinggal ada gedung, serta untuk membuat kemudahan-kemudahan yang dibutuhkan burung walet untuk melakukan aktivitas terbangnya, baik secara horizontal maupun secara vertikal.

Memberikan sarana untuk memberi kemudahan terbang burung walet tidak harus dengan membuat ruangan yang seluas-luasnya. Ruangan yang relatif bisa malah dapat mengakibatkan burung baru akan sering berpindah-pindah tempat.

Selain itu burung walet lebih lama dalam menentukan tepat yang cocok untuk membuat sarang. Dapat juga terjadi fragile yang dikarenakan burung bertempat terpisah-pisah satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016