Home » Artikel » Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh Kita

Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh Kita

Dec
09
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Sarang burung walet mengandung banyak sekali gizi dan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, tidak hanya menyehatkan tetapi juga dapat mengobati berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Sarang walet sudah digunakan semenjak beratus-ratus tahun yang lalu. Sarang walet sudah populer di China dan hingga saat ini masih menjadi barang yang banyak diminati oleh masyarakat di China. Bahkan banyak dari negara-negara lain yang juga sangat menggemari sarang walet ini.

Sarang walet sangat digemari oleh masyarakat China, bahkan keluarga kerajaan pun juga sangat menggemari masakan dari sarang burung walet. Sarang walet biasanya mereka gunakan untuk dunia pengobatan.

Sarang walet tersusu dari air liur burung walet (saliva) yang teksturnya seperti agar-agar (gelatin). Di dalamnya mengandung glikoprotein yang dapa membantu dalam memproduksi sel-sel dan jaringan baru yang berperan dalam sistem kerja tubuh.

Di dalam 100 gram sarang walet mengandung 345 kalori, 49,9 gram protein, 30,6 gram karbohidrat, 4,9 gram zat besi, 2,5 gram garam organik, dan 1,4 gram serat. Protein yang terdapat dalam sarang walet merupakan protein yang mudah larut dalam air, sehingga tubuh akan mudah untuk menyerap dan menerima manfaatnya.

Banyak khasiat yang terdapat dalam sarang walet, di dunia kesehatan sendiri memercayai bahwa dengan kandungan yang terdapat dalam sarang walet dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Khasiat sarang walet

Khasiat sarang walet

Karena sarang walet memiliki khasiat yang banyak sekali, orang-orang di seluruh dunia mencari dan menggunakan sarang walet untuk keperluan meningkatkan kesehatan mereka. Meski harga sarang walet terbilang tinggi, itu tidak menjadi halangan besar untuk pasar sarang walet dunia. Terbukti semenjak ratusan tahun hingga sekarang sarang walet tetap memiliki permintaan dari berbagai negara.

Khasiat sarang burung walet untuk kesehatan dapat dirasakan oleh semua umur, baik anak kecil, orang dewasa, parang orang tua, dan juga baik untuk ibu hamil. Sarang walet sangat baik dikonsumsi oleh siapa pun, namun untuk bayi usia di bawah 1 tahun agar diperhatikan, sebab ada kemungkinan si bayi ada alergi terhadap sarang walet meski kemungkinannya sangat kecil.

Khasiat sarang walet untuk kesehatan yaitu di antaranya:

  1. Sebagai sumber antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga tubuh akan tetap terjaga dan tetap sehat.
  2. Menjaga kesehatan kulit, kandungan glikoprotein yang terdapat pada sarang walet dapat membantu regenerasi kolagen, di mana kolagen tersebut akan berkurang seiring bertambahnya umur, akibatnya kuit akan lebih kusam dan berkeriput.
  3. Menyehatkan sistem reproduksi, dengan rutin mengkosnsumsi sarang walet akan dapat mengoptimalkan sistem reproduksi dan organ tubuh.
  4. Menyehatkan ibu hamil dan anak yang dikandungnya, ibu hamil yang rutin mengkonsumsi sarang walet akan memiliki bayi yang lebih sehat dengan kuit bayi yang lebih bersih dan sehat dari dalam, serta kulit ibu akan lebih elastis.
  5. Meningkatkan daya ingat dan mencerdaskan otak, kandungan asam amino dalam sarang walet setara dengan asam amino yang terkandung dalam ikan salmon, ikan tuna dan bahkan lobster, sehingga akan bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.
  6. Mengobati sakit paru-paru, sarang walet dapat menyehatkan paru-paru dan segala keluhan yang menyangkut dengan organ paru-paru. Dengan mengkonsumsi sarang walet akan dapat menambah pasokan oksigen dalam paru-paru, sehingga paru-paru akan lebih sehat.
  7. Mempercepat regenerasi sel, dengan kandungan glikoprotein pada sarang walet akan dapat meningkatkan regenerasi sel-sel baru yang dapat meremajakan kulit.
  8. Menambah nafsu makan, mengkonsumsi sarang walet juga dapat menambah nafsu makan kita.
  9. Memperlancar peredaran darah, menyempitnya pembuluh darah disebabkan oleh kadar kolesterol pada darah meningkat, dengan megkonsumsi sarang walet hal tersebut dapat dicegah.
  10. Mengobati sakit kanker, kandungan dalam sarang walet dapat melawan sel-sel kanker yang menyerang tubuh, orang yang menderita sakit kanker dapat sembuh dengan rutin mmengkonsumsi sarang walet.
  11. Meningkatkan metabolisme dan sistem daya tahan tubuh, sarang walet dipercaya dapat membantu memulihkan sel-sel dan jaringan-jaringan yang rusak dalam tubuh, selain itu dapat mengoptimalkan kinerja sistem metabolisme dan kekebalan tubuh.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi oleh siapa pun. Sarang walet dapat diolah menjadi minuman yang enak maupun menjadi sup yang lezat. Banyak manfaat dan khasiat dari sarang walet untuk tubuh kita, tidak hanya menyehatkan dan mengobati berbagai penyakit, sarang walet juga baik untuk menjaga kesehatan kecantikan kulit kita.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016