Home » Artikel » Khasiat dan Manfaat Sarang Walet

Khasiat dan Manfaat Sarang Walet

Dec
10
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Sarang dari burung walet yang merupakan burung dari keluarga Apodidae ini memiliki banyak sekali keistimewaan, yaitu di dalamnya terkandung berbagai gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Burung walet memiliki bentuk seperti layang-layang. Burung walet tidak memiliki hubungan sama sekali dengan spesies burung pengicau. Burung walet termasuk ke dalam ordo Apodiformes. Tidak banyak keistimewaan yang dimiliki burung walet ini, namun sarang yang dibuat dari air liurnya tersebut memiliki keistimewaan tersendiri yang mengandung banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat.

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet itu sendiri (saliva), dengan tekstur menyerupai agar-agar (gelatin). Warna dari sarang walet ini aslinya adalah putih, namun karena kadang ada campuran seperti bulu-bulu burung walet tersebut warnanya seakan tampak hitam, kemudian ada juga yang terbuat dari campuran rerumputan, lumut, dan lain sebagainya.

Khasiat sarang burung walet

Khasiat sarang burung walet

Khasiat dari sarang burung walet sudah terkenal semenjak ratusan tahun yang lalu. Sarang walet telah dikonsumsi sejak 1000 tahun lebih, sangat populer di China dari masyarakat biasa dan bahkan hingga di keluarga kerajaan juga sangat menggemari masakan dari sarang walet.

Karena khasiatnya yang luar biasa, lambat laun sarang walet di kenal meluas di seluruh dunia. Hingga kini banyak masyarakat dari berbagai belahan dunia banyak yang memanfaatkan sarang walet sebagai makanan bergizi tinggi untuk meningkatkan kesehatan.

Di dunia kesehatan sendiri meyakini bahwa sarang burung walet mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan sangat tingginya kandungan yang terdapat dalam sarang walet.

Dari banyak penelitian yang telah dilakukan, menyatakan bahwa sarang burung walet dapat berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari sarang burung walet untuk tubuh kita:

  1. Sarang walet yang mengandung 200 glikonutrien ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem reproduksi serta regenerasi sel-sel tubuh.
  2. Melawan radikal bebas, kandungan dalam sarang walet dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga radikal bebas penyebab penyakit dapat dilawan dan tubuh akan terlindungi.
  3. Menyehatkan paru-paru dan ginjal, dengan mengonsumsi sarang walet secara rutin akan dapat menambah pasokan oksigen dalam paru-paru, sehingga paru-paru akan kembali sehat serat sangat baik untuk kesehatan ginjal.
  4. Meningkatkan nafsu makan, dengan mengkonsumsi sarang walet secara rutin akan dapat meningkatkan nafsu makan.
  5. Meningkatkan kinerja jantung, sarang walet yang kaya akan kandungan bermanfaat tersebut dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja jantung serta menyehatkan jantung.
  6. Mengobati hipertensi, kandungan dalam sarang walet dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, tidak hanya itu namun juga akan memperlancar peredaran darah.
  7. Sangat baik untuk ibu hamil, dengan mengkonsumsi sarang walet makan nantinya bayi yang dilahirkan akan lebih sehat dan memiliki kuit yang lebih bersih dan sehat dari dalam. Di China dianjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi sarang walet untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuhnya.
  8. Mengembalikan stamina setelah sakit, orang yang setelah menderita sakit dianjurkan mengkonsumsi sarang walet untuk lebih cepat mengembalikan staminanya, karena kandungan bermanfaatnya dapat meningkatkan sistem kinerja organ-organ tubuh.
  9. Menyehatkan kulit dan menunda penuaan, sarang walet kaya akan kandungan kolagen. Kolagen merupakan zat-zat yang terdapat pada organ-organ tubuh, di mana dengan bertambahnya umur maka kolagen akan ikut berkurang, dampaknya kulit akan lebih kusam dan muncul keriput.
Khasiat sarang burung walet

Khasiat sarang burung walet

Dengan mengkonsumsi sarang walet akan dapat menyehatkan kulit. Orang yang rutin mengkonsumsi sarang walet dapat mencegah penuaan dini dan kulit akan terlihat tampak lebih muda, cerah dan sehat dari dalam.

Sarang walet sangat baik dikonsumsi oleh siapa pun, seperti oleh anak-anak, orang dewasa, para orang tua, dan ibu hamil. Dengan mengkonsumsi sarang walet maka sistem kekebalan tubuh akan terjaga. Yang perlu diperhatikan, sarang walet agar tidak sembarangan diberikan kepada anak usia di bawah satu tahun, ini dikarenakan adanya kekawatiran yang dapat ditimbulkan karena reaksi alergi, walaupun kemungkinan terjadinya sangat kecil.

Sarang walet dapat dikonsumsi menjadi berbagai produk olahan seperti minuman sarang walet yang enak ataupun dijadikan sup sarang walet yang lezat. Semuanya sama-sama enak dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016