Home » Artikel » Kegunaan Sarang Walet untuk Tubuh

Kegunaan Sarang Walet untuk Tubuh

Jan
18
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel
Kegunaan sarang burung walet

Sarang Walet

Sarang walet yang terbuat dari air liur burung walet menyimpan banyak gizi yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Sarang walet menjadi salah satu produk herbal yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Sarang burung walet ini dihasilkan oleh burung walet yang terbuat dari air liur burung tersebut. Tekstur dari sarang ini seperti agar-agar (gelatin) dengan aroma seperti putih telur. Ukuran dari sarang burung walet ini kira-kira sebesar 11 cm hingga 18 cm dengan berat sarang kurang lebih 16 gram hingga 32 gram.

Burung walet memiliki kaki-kaki yang pendek, karena itu burung ini jarang berada di daratan. Tempat bersarang burung walet sendiri bukan di pepohonan seperti jenis burung yang lainnya, melainkan di dinding-dinding gua atau bangunan yang biasanya tempat tersebut tegak lurus.

Burung walet memiliki bulu berwarna hitam dengan variasi abu-abu. Dengan bulu-bulunya terkadang ada jenis burung walet tertentu yang juga membangun sarangnya dengan menggunakan bulu-bulunya yang direkatkan dengan air liurnya hingga menjadi sebuah sarang.

Burung walet saat ini telah banyak dibudidayakan di gedung-gedung yang difungsikan sebagai rumah walet untuk tempat burung walet membuat sarangnya. Banyak orang yang saat ini mulai mengembangkan usaha ini dengan membangun bangunan khusus untuk tempat burung walet tinggal dan bersarang.

Bisnis sarang walet merupakan bisnis yang cukup menggiurkan, hal in dikarenakan harga sarang walet per kilogramnya bisa sangat tinggi, yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu sarang walet dapat dikonsumsi sendiri untuk mendapatkan gizi yang lebih untuk meningkatkan kesehatan.

Sarang Burung Walet

Sarang Walet

Sarang Walet

Burung walet banyak terdapat di beberapa tempat seperti di daratan China, Amerika utara, India, Eropa dan juga Indonesia. Burung walet merupakan salah satu burung liar yang hidup di alam bebas.

Jenis sarang dari burung walet yang terbuat dari lumpur dan sejenisnya tidak bisa dimanfaatkan untuk produk obat tertentu. Produk sarang walet dari air liur burung walet yang dapat dimanfaatkan merupakan sarang dari jenis burung walet khusus yang biasanya bersarang di gua-gua maupun di gedung-gedung yang tidak dipakai oleh manusia.

Sarang burung walet dibentuk dari air liur burung walet yang dihasilkan oleh kelenjar saliva yang terletak di bawah lidah. Air liur burung walet yang baru saja keluar dari kelenjar akan berupa cairan yang kemudian akan mengeras setelah terkena udara. Semakin kering air liur walet makan harganya akan semakin tinggi.

Mengapa Mengkonsumsi Sarang Walet?

Sup Sarang Walet

Sup Sarang Walet

China menjadi negara yang pertama yang diperkirakan mulai mengkonsumsi sarang walet. Awal mula terjadinya adalah di saat dinasti Yuan yang membawa sarang burung walet yang didapatkan dari Indonesia yaitu dari pulau Kalimantan.
Kemudian sarang walet tersebut menjadi semakin dikenal oleh masyarakat dan kemudian diperjualbelikan secara bebas.

Masyarakat China dan keluarga kerajaan pun juga sangat menggemari masakan dari sarang burung walet karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya begitu banyak. Karena itu sarang walet memiliki harga jual yang tinggi.

Berikut alasan kenapa banyak orang menggemari sarang burung walet:

  • Sarang walet dianggap menjadi salah satu bahan herbal yang dapat berguna untuk menetralisir semua racun yang terdapat dalam tubuh.
  • Sarang walet dianggap sebagai sumber makanan yang mengandung banyak sekali gizi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Sarang walet dianggap sebagai obat penawar terbaik yang juga berguna untuk membantu pertumbuhan sel-sel baru yang terdapat dalam tubuh.
  • Sarang walet diyakini dapat berguna untuk membantu menjaga keseimbangan energi dalam tubuh.
  • Sarang walet diyakini dapat meningkatkan kesehatan organ paru-paru dan membuat organ lain lebih terjaga kinerjanya.
  • Sarang walet juga diyakini dapat menyembuhkan bermacam-macam jenis penyakit dalam tubuh baik untuk anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua.

China menyadari sarang walet sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Semenjak pertama kali digunakan, ramuan dari sarang walet dimanfaat sebagai ramuan kesehatan, hingga informasi tersebut menyebar ke seluruh penjuru dunia hingga sekarang sarang walet dikenal luas oleh banyak negara.

kegunaan sarang walet

Sarang Walet

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari sarang walet:

1. Sarang Walet Berguna untuk Kecantikan Kulit

Sarang walet untuk kecantikan kulit dapat digunakan dengan mengkonsumsi sarang walet unttuk menjaga keremajaan kulit. Kandungan kolagen yang terdapat dalam sarang walet cukup banyak, kolagen tersebut merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seiring bertambahnya umur, maka jumlah kolagen yang terdapat dalam tubuh akan semakin berkurang dan hal tersebut yang menjadikan kulit menjadi terlihat kusam dan timbul keriput.

Dengan mengkonsumsi sarang walet secara rutin maka jumlah kolagen dalam tubuh akan dapat terjaga. Karena itu kulit akan terlihat selalu sehat dari dalam, bersih bersinar dan bebas dari kulit kusam dan berkeriput.

2. Mengatasi Keluhan pada Paru-paru

Berbagai keluhan yang bersangkutan dengan organ paru-paru dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sarang walet. Keluhan seperti batuk kering, sakit asma, infeksi tenggorokan, TBC, kesulitan menelan, paru-paru basah, dan keluhan lainnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi sarang walet secara rutin.

Sarang walet juga sangat dianjurkan untuk orang perokok aktif. Karena kandungan yang terdapat dalam sarang walet dapat kembali menyehatkan paru-paru yang rusak karena asap rokok.

3. Sarang Walet Berguna untuk Mengatasi Pembuluh Darah yang Rusak

Kerusakan pada pembuluh darah disebabkan karena adanya penyempitan ataupun penyumbatan pada arteri ke jantung. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan kolesterol dalam darah yang merusak pembuluh darah.

Tidak berjalan lancarnya peredaran darah dalam tubuh bermula dari pola makan yang tidak sehat, yaitu salah satunya karena mengkonsumsi lemak yang berlebihan. Hingga akhirnya lemak tidak tercerna dengan baik hingga terjadi penumpukan yang menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat.

Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi satang walet secara rutin. Dengan mengkonsumsi sarang walet diyakini dapat menurunkan kembali kada kolesterol dalam darah sehingga akan membantu memperbaiki arteri yang rusak dan mencegah terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Peredaran darah akan berjalan lancar kembali.

4. Sarang Walet Berguna Sebagai Obat Batuk Kering

Batuk kering dengan sedikit dahak maupun tanpa dahak dapat diobati dengan mengkonsumsi sarang walet. Batuk kering disebabkan karena paru-paru kekurangan pasokan oksigen. Karena itu dengan mengkonsumsi sarang walet makan pasokan oksigen akan bertambah.

Cara untuk mengobati batuk kering dengan sarang walet ini cukup sederhana yaitu dengan mencampur 2 gram sarang walet dengan 3,5 gram (sesuai selera) gula batu yang direbus dengan air secukupnya, kemudian diminum.

5. Sarang Walet Sebagai Sumber Antioksidan

Sarang walet juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat bertindak sebagai antioksidan alami untuk melawan dan mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas yang berhasil menyerang dan masuk dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel yang akhirnya menimbulkan berbagai penyakit.

Dengan mengkonsumsi sarang walet yang mengandung banyak antioksidan ini akan berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga meningkat daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga tubuh akan selalu terlindungi dan tubuh akan terjaga kesehatannya.

6. Sarang Walet Menjadi Sumber Mineral Bagi Tubuh

Sarang walet merupakan salah satu sumber mineral yang sangat banyak mengandung mineral yang penting tubuh. Mineral-mineral dalam sarang walet tersebut meliputi kalsium 1298 ppm, kalium 110 ppm, natrium 650 ppm, magnesium 330 ppm, fosfor 40 ppm, dan besi 30 ppm.

Mineral-mineral tersebut sangat penting kegunaannya untuk tubuh karena dapat membantu tubuh dalam membentuk sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan penyakit. Mineral-mineral ini juga berguna untuk mempercepat memulihkan tubuh setelah sakit.

7. Sarang Walet Berguna untuk Mempercantik Kulit

Mengkonsumsi sarang walet juga diyakini dapat membuat kulit lebih terlihat muda, sehat dan cantik dari dalam. Sarang walet mengandung beberapa zat yang berguna untuk mendukung pertumbuhan sel-sel kulit mati.

Selain itu asam amino yang terkandung dalam sarang walet juga berguna untuk membuat kulit lebih kencang dan mencegah kulit menjadi kering. Hal ini dapat terjadi karena sarang walet memiliki efek mendinginkan.

8. Sarang Walet Berguna untuk Mendukung Kehamilan

Dari dulu di China sarang walet sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Kandungan gizi yang kompleks yang terdapat dalam sarang walet dapat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh si ibu dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Dengan mengkonsumsi sarang walet secara teratur juga dapat membuat si bayi yang dilahirkan nantinya menjadi lebih sehat dengan kulit bersih bersinar sehat dari dalam. Selian itu kulit si ibu nantinya juga akan lebih elastis.

9. Sarang Walet Berguna untuk Meningkatkan Kinerja Otak dan Daya Ingat

Sarang walet juga mengandung asam amino yang jumlahnya setara dengan yang dimiliki oleh ikan salmon, ikan tuna atau pun ikan tuna. Dengan kandungan asam amino tersebut dapat membuat otak berfungsi lebih baik.

Karena itu orang yang mengkonsumsi sarang walet sejak kecil akan memiliki kecerdasan yang lebih dari yang lainnya, dan juga daya ingat akan meningkat. Karena itu sarang walet juga dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak untuk perkembangan otak yang lebih baik.

10. Sarang Walet Berguna untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Jika nafsu makan hilang, maka Anda dapat menggunakan atau mengkonsumsi sarang walet untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang tersebut. Nafsu makan yang menurun dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang bertenaga, untuk mengatasi hal tersebut dapat dengan mengkonsumsi sarang walet yang diolah menjadi minuman maupun dimasak menjadi sup sarang walet.

11. Sarang Walet Berguna untuk Mengatasi Hipertensi

Sarang walet juga diyakin mampu mengatasi sakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang berlanjut dapat menimbulkan kerusakan sel-sel dalam tubuh dan memicu berbagai penyakit sehingga tubuh akan lebih mudah terserang sakit. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi sarang walet secara rutin.

12. Sarang Walet Berguna untuk Membantu Pengobatan Penyakit Kanker

Sarang walet mengandung zat yang dapat memerangi dan melawan sel-sel kanker. Karena untuk pencegahan agar tubuh tidak terserang kanker dapat dilakukan dengan mengkonsumsi sarang walet. Selain itu sarang walet juga biasa digunakan untuk proses penyembuhan dari penyakit kanker.

Sarang walet telah menjadi makanan yang bergizi tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sudah banyak orang dari berbagai negara di dunia telah membuktikan manfaat dari sarang walet. Hingga dari dulu hingga sekarang sarang walet tetap menjadi produk herbal yang berkhasiat untuk tubuh.

Sarang walet dapat dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan maupun di masak dalam bentuk sup. Selain bergizi dan nikmat, olahan dari sarang burung walet memberi banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016