Home » Artikel » Harga Tiap Jenis Sarang Burung Walet

Harga Tiap Jenis Sarang Burung Walet

Dec
10
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Sarang burung walet memiliki banyak variasi tergantung pada jenis burung walet itu sendiri. Setiap sarang juga memiliki nilai jual yang berbeda-beda. Tiap sarang burung walet tersusun dari material yang tidak sama besarnya sehingga kandungan air liu pada sarang juga tidak  sama.

Terdapat 4 jenis burung walet yang memiliki harga yang berbeda-beda, di antara yaitu:

1. Walet Sarang Putih (Edible-nestSwiftlet, Yen-ou)

Walet Sarang Putih

Walet Sarang Putih

sarang walet warna putih ini dihasilkan oleh burung walet jenis Aerodramus fushipagus. Sarang walet ini dapat bertempat di gua-gua alam maupun di gedung-gedung atau biasa disebut dengan walet rumahan.

Sarang walet warna putih hampir keseluruhannya tersusun dari air liur burung walet meskipun terkadang terdapat sedikit bulu-bulu halus dari burung walet tersebut.

Sarang walet ini memiliki ciri khas yaitu warnanya putih kekuningan. Sarang walet warna putih dari gua-gua alam akan memiliki warna yang agak suram dan agak kotor, sedangkan sarang walet rumahan memiliki warna yang lebih cerah dan bersih.

Sarang walet warna putih memiliki bentuk seperti mangkuk dibelah dua, berwarna putih kekuningan, bening, bersih dari campuran lain seperti rumput, lumut dan lainnya meski terkadang terdapat sedikit bulu-bulu halus pada sarang.

Harga sarang puting terbilang cukup mahal, harga per kilogramnya berkisar dari Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 untuk harga sarang walet gua. Dan untuk harga sarang walet rumahan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan harga sarang walet gua yaitu berkisar dari Rp 5.000.000 hingga Rp 15.000.000 per kilogramnya.

2. Walet Sarang Hitam (Black-nestSwiftlet, Mau-yen)

Walet Sarang Hitam

Walet Sarang Hitam

Sarang walet warna hitam ini dihasilkan oleh burung walet jenis Aerodramus maximus. Burung walet ini membuat sarangnya dari air iurnya yang bercampur dengan bulu-baunya yang digabungkan dan direkatkan dengan air liurnya yang menempel pada dinding-dinding gua.

Sarang walet warna hitam memiliki ukuran lebar sekitar 5-7 cm. Walet sarang hitam memiliki warna hitam sampai e dalam-dalam sarangnya. Sarang walet hitam kualitasnya tidak sebaik sarang walet warna putih dan harganya pun lebih rendah dari sarang walet warna putih.

Harga sarang walet warna hitam berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000 per kilogramnya. Rendahnya harga dari sarang ini dikarenakan kandungan air liur dalam sarang hanya sekitar 60% saja.

3. Walet Sarang Rumput (Whitebelliedswiftlet)

Walet Sarang Rumput

Walet Sarang Rumput

Sarang walet jenis rumput dihasilkan oleh walet jenis Collocalia esculanta, Aerodramusfuciphagus atau maximus. Sarang walet jenis ini biasanya berada pada lokasi yang teduh dengan sedikit intensitas cahaya, namun bukan di tempat yang teralu gelap. Sarang walet in terbuat dari campuran air liur burung walet dengan material lain seperti rerumputan, dedaunan, bunga-bungaan, cemara, daun pinus, dan material ain yang serupa.

Sarang walet jenis rumput ini memiliki harga berkisar dari Rp 750.000 hingga Rp 1.500.000 saja per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet jenis rumput karena kandungan air liur yang terdapat dalam sarang ini hanya 3 hingga 8 gram saja.

4. Sarang Lumut Sriti (Chooyen, mostnestswiftlet)

Walet Sarang Lumut

Walet Sarang Lumut

Sarang walet jenis ini dibuat oleh burung walet jenis Collocalia vanikorensis. Sarang ini terbuat dari campuran air liur burung walet dengan lumut. Jika sarang masih dalam keadaan baru maka akan memiliki warna kehijauan, dan sama kelamaan akan berubah warnanya menjadi warna cokelat kehitaman dan kering.

Harga sarang walet lumut sriti berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per kilogramnya. Harga sarang ini adalah harga yang terendah dari harga sarang wet jenis lainnya. Rendahnya harga sarang walet jenis lumut ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam sarang hanya 2 -3 gram saja.

5. Walet Sarang Merah (Red nesdt, Siek Yen)

Walet Sarang Merah

Walet Sarang Merah

Sarang walet warna merah dihasilkan oleh burung walet jenis Aerodramus fuciphagus. Sarang walet ini merupakan sarang wet yang paling sulit untuk ditemukan ketimbang jenis sarang walet lainnya.

Sarang walet dengan warna merah diproduksi pada saat musim penghujan di lokasi yang memiliki kelembaban udara sangat tinggi. Sarang walet warna merah memiliki berdiameter kurang lebih sekitar 9 cm dengan berat sekitar 9 gram.

Harga untuk sarang walet dengan warna merah ini adalah yang tertinggi dari jenis yang lainnya. Harga sarang walet warna merah berkisar dari Rp 8.000.000 hingga puluhan juta rupiah per kilogramnya.

Kualitas Sarang Burung Walet

Kualitas sarang walet dibedakan dari beberapa aspek, salah satu aspek tersebut dapat dilihat dari bentuk, warna, ukuran, kebersihan, struktur rajutan dan lain sebagainya. Tinggi rendahnya kualitas sarang walet dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara ain seperti musim, cara panen, gangguan hama, serta lingkungan.

Kualitas sarang walet sangat mempengaruhi harga jua sarang walet itu sendiri. Ada beberapa golongan kualitas yang dibedakan menjadi kualitas sarang hancuran, kualitas sarang pecah, kualitas bulu biasa, kualitas bulu ringan, kualitas perak, dan kualitas sarang warna merah.

1. Kualitas Sarang Walet Hancuran

Sarang Walet Hancuran

Sarang Walet Hancuran

Kualitas sarang ini merupakan kualitas paling rendah karena bentuk sarang tidak seragam dan ukurannya kecil yang terdiri dari beberapa potongan, hancuran atau sisa-sisa sarang burung walet. Sarang hancuran merupakan sarang dari kumpulan sarang yang rusak dari pecahan-pecahan sarang walet.

2. Kualitas Sarang Walet Pecah

Kualitas Sarang Walet Pecah

Kualitas Sarang Walet Pecah

Kualitas sarang pecah merupakan kualitas sarang walet dengan kualitas rendah. Faktor yang menyebabkan sarang menjadi pecah adalah karena pengambilnya yang salah sehingga sarang menjadi pecah.

Karena cara pengambilan yang salah akibatnya sarang menjadi pecah, rusak, hancur, dan bentuknya tidak beraturan. Kebanyakan sarang walet pecah ini didapatkan dari panen rampasan, di mana di saat sarang di panen keadaan sarang baru saja terbentuk dan belum ada telurnya, dan terkadang ada yang sudah ada telur waletnya.

3. Kualitas Sarang Walet Bulu Biasa

Kualitas Sarang Walet Bulu Biasa

Kualitas Sarang Walet Bulu Biasa

Jenis sarang walet ini termasuk ke dalam kualitas sarang yang rendah. Sarang burung jenis ini biasanya terapat campuran bulu-bulu burung walet dan terkadang tercemar oleh kotoran burung walet.

4. Kualitas Sarang Walet Bulu Ringan

Kualitas Sarang Walet Bulu Ringan

Kualitas Sarang Walet Bulu Ringan

Sarang burung walet dengan kualitas ini merupakan sarang walet yang mempunyai bentuk dan ketebalan yang cukup memadai, namun terdapat campuran bulu-bulu yang rontok dari burung walet. Sarang dipanen di saat sedang burung walet sedang rontok bulu.

5. Kualitas Sarang Walet Perak

Kualitas Sarang Walet Perak

Kualitas Sarang Walet Perak

Sarang walet dengan kualitas perak dikenal juga dengan kualitas sarang putih yang merupakan kualitas terbaik yang berwarna putih bersih, tidak tercemar dengan kotoran ataupun bulu-bulu walet.

Kualitas ini di dapat di saat sarang burung dipanen pada waktu buang telur, sehingga bentuknya sempurna. Berat sarang walet perak sekitar 8 gram tiap sarangnya dengan diameter 10 cm.

6. Kualitas Sarang Walet Merah

Kualitas Sarang Walet Merah

Kualitas Sarang Walet Merah

Kualitas sarang merah dikenal memiliki kualitas yang setara dengan kualitas sarang perak, akan tetapi sarang ini memiliki warna kemerah-merahan. Sarang ini memiliki diameter 10 cm dan di dapat pada saat buang telur.

Meskipun kualitas sarang merah kualitasnya sama dengan kualitas sarang perak, namun harga yang dimiliki oleh sarang dengan kualitas merah jauh lebih tinggi dari sarang kualitas perak.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai jenis-jenis sarang walet, di mana tiap jenis sarang walet memiliki harga yang berbeda-beda. Serta kualitas sarang walet yang dapat mempengaruhi harga jual sarang walet tersebut. Semoga informasi yang disampaikan dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016