Home » Artikel » Harga Sarang Walet Terbaru

Harga Sarang Walet Terbaru

Jan
19
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel
Harga sarang walet terbaru

Sarang Walet Bersih

Sarang walet adalah sarang dari burung walet yang berbeda dengan jenis burung lainnya. Tekstur dari sarang walet itu sendiri seperti agar-agar (gelatin) dengan warna pada umumnya berwarna putih.

Air liur walet yang masih baru saja keluar dari kelenjar mulut burung walet yang berada di bawah lidah tersebut akan berbentuk cair yang kemudian akan semakin mengeras setelah terkena udara.

Sarang walet mengandung asam amino dan protein yang tinggi yang bermanfaat untuk tubuh. Asam amino dalam sarang walet tidak kalah jumlahnya dengan asam amino yang terkandung dalam ikan salmon, serat sejumlah 65% kandungan dalam sarang walet merupakan protein yang mudah larut dalam air, sehingga mudah diserap dan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sarang Walet yang Bermanfaat

Sarang Walet

Sarang Walet

Sarang burung walet merupakan salah satu produk alami yang terbuat dari air liur burung walet. Sarang walet jika dilihat sekilas memang tampak biasa-biasa saja, namun jika diteliti lebih lanjut, sarang walet tersebut memiliki kandungan gizi yang besar sekali.

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada sarang walet maka sarang walet pun dimanfaatkan untuk dijadikan makanan bergizi tinggi ataupun sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit. Maka tak heran sarang walet menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Orang-orang rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan sarang walet. Sudah banyak yang membuktikan khasiat dari sarang walet ini. Sudah semenjak ratusan tahun yang lalu sarang walet diketahui memiliki khasiat yang besar ini.

Sarang walet mulanya berkembang di China sejak ratusan tahun yang lalu. Menurut cerita dahulu saat Jenderal Cheng Ho berlayar ke Asia dan kembali dari berlayar Sang Jenderal membawa hadiah untuk diberikan kepada Kaisar Dinasti Ming yaitu berupa sarang walet. Yang kemudian sarang walet pun menjadi salah satu hidangan yang digemari oleh keluarga kerajaan. Semenjak saat itu sarang walet diperdagangkan secara bebas.

Negeri China mengembangkan racikan dari sarang walet yang kemudian dijadikan menjadikan sarang walet menjadi jenis obat. Banyak yang dapat disembuhkan dari mengkonsumsi sarang walet di antaranya seperti sakit gangguan pernafasan seperti sakit asma, batuk kering, infeksi tenggorokan, paru-paru basah, hingga penyakit berat seperti kanker.

Sarang walet juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan membentuk fungsi hati. Sarang walet digunakan untuk menyehatkan tubuh dan menjaga stamina agar tetap fit.

Di China sarang walet sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Sarang walet dengan kandungan antioksidan yang tinggi mampu membuat tubuh tahan terhadap serangan radikal bebas sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

Ibu hamil yang mengkonsumsi sarang walet pun akan membuat bayi menjadi lebih sehat. Selain itu dengan mengkonsumsi sarang walet kulit si ibu akan lebih elastis sehingga akan lebih memudahkan dalam proses melahirkan.

Sarang walet juga digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Kandungan kolagen di dalam sarang walet cukup banyak sehingga berguna untuk menjaga keremajaan kulit dan mencegah kulit terlihat kusam dan timbul keriput.

Kegunaan sarang walet sangat banyak sekali, dengan kandungan nutrisi dan protein yang cukup banyak menjadikan banyak orang yang menginginkannya.

Peluang Bisnis Sarang Walet

Sarang Walet

Sarang Walet

Jika kita perhatikan bisnis sarang walet saat ini, budidaya sarang walet merupakah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan harga jual dari sarang walet ini cukup tinggi, per kilogramnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Dengan harga yang tinggi tersebut maka tak heran banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan sarang. Harga jual sarang walet berbeda-beda terkandung jenis dari sarang walet tersebut.

Jenis sarang walet yang berwarna merah akan memiliki harga yang lebih tinggi dari sarang walet biasa seperti sarang walet yang berwarna putih. Hal ini karena ada beberapa faktor yang mengapa harga jual sarang walet lebih mahal, di antaranya yaitu karena sarang walet merah lebih banyak mengandung kandungan nutrisi dan protein serta untuk mendapatkan sarang merah tersebut cukup sulit. Sarang walet ada hanya di saat musim hujan di empat yang kelembapannya tinggi.

Sarang walet memiliki peluang bisnis yang tak pernah ada habisnya, hal ini sudah berjalan dari ratusan tahun yang lalu, terbukti bahwa dari masa dinasti Ming hingga sekarang sarang walet masih memiliki banyak peminat.

Harga Sarang Walet

Sarang Walet

Sarang Walet

Ada kalanya harga barang yang ada di pasar menurun. Hal ini juga berlaku pada sarang walet. Meski sarang walet memiliki harga yang tinggi, ada kalanya harga sarang walet tersebut anjlok karena sesuatu hal.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan harga sarang walet menurun. Alasan tersebut bisa datang dari para pembudidaya burung walet maupun dari peraturan pemerintah yang mengatur tentang ekspor impor yang bersangkutan dengan sarang walet.

Salah satu peraturan tersebut seperti adanya pajak yang tinggi. Dengan adanya peningkatan pajak yang tinggi tersebut sangat berpengaruh terhadap harga sarang walet. Dan ini bisa dirasakan dan berpengaruh terhadap para pembudidaya walet.

Harga sarang walet dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan jenis dan asal dari mana sarang walet tersebut didapatkan. Saat ini harga sarang walet masih dalam kisaran harga yang tinggi dengan harga jual per kilogramnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Berikut ini harga sarang walet terbaru sekarang ini:

  1. Harga sarang walet rumahan dengan bentuk mangkok harganya berkisar dari Rp 10.000.000 hingga Rp 17.000.000 per kilogramnya.
  2. Harga sarang walet rumahan tipe sarang sudut harga berkisar dari Rp 7.000.000 hingga Rp 12.000.000 per kilogramnya.
  3. Harga sarang walet rumahan tipe patahan harga berkisar dari Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per kilogramnya.
  4. Harga sarang walet rumahan tipe campuran harga berkisar dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per kilogramnya.

Untuk harga sarang walet yang didapatkan dari gua-gua alam harganya cenderung lebih rendah dibanding dengan harga sarang walet yang didapatkan dari gedung. Hal ini karena dari segi bentuk dan kebersihan sarang walet rumahan lebih baik dari sarang walet yang didapatkan dari gua-gua alam.

Berikut harga sarang walet yang didapatkan dari gua-gua alam:

  1. Harga sarang walet dari gua alam tipe bentuk mangkok harga berkisar dari Rp 5.0000.000 hingga Rp 10.000.000 per kilogramnya.
  2. Harga sarang walet dari gua alam tipe patahan harga berkisar dari Rp 3.500.000 hingga Rp 7.000.000 per kilogramnya.
  3. Harga sarang walet tipe dari gua alam tipe campuran harga berkisar dari Rp 4.000.000 hingga Rp 7.500.000 per kilogramnya.

Harga walet sewaktu-waktu dapat berubah karena beberapa faktor. Harga di atas merupakan kisaran harga sekarang ini. Semakin baik dan tinggi kualitas sarang walet maka harga sarang walet tersebut akan semakin tinggi.

Demikian ulasan mengenai harga sarang walet sekarang ini. Semoga dengan artikel yang kami tulis dapat membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016