Home » Artikel » Harga Sarang Walet dari Jenis Sarang

Harga Sarang Walet dari Jenis Sarang

Jan
03
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Sarang walet memiliki jenis warna dan bentuknya sendiri. Setiap sarang juga memiliki ukuran dengan bentuk yang bervariasi yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga jual dari sarang walet tersebut.

Setip orang memiliki minat yang berbeda-beda terhadap sarang walet yang akan dibelinya. Karena itu harga sarang walet juga memiliki tingkatan yang berbeda. Akan tetapi pastinya tujuan dari ke semuanya itu adalah sama yaitu untuk dikonsumsi.

Orang-orang biasanya akan mengkonsumsi sarang walet untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu atau juga untuk kepentingan lain yang tidak jauh dari kesehatan entah itu untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mengobati berbagai penyakit, maupun untuk mempercantik kulit.

Ada banyak jenis sarang walet yang bisa kita temui, namun hanya beberapa jenis saja yang dapat kita makan, jenis saran tersebut di antaranya:

1. Walet Sarang Putih

Walet sarang putih

Walet sarang putih

Sarang putih biasanya dihasilkan oleh burung walet jenis Aerodramus Fushipagus. Sarang putih merupakan sarang yang seluruhnya terbuat dari air liur burung walet. Sarang ini terbuat tanpa campuran lain seperti bulu-bulu burung walet dan semacamnya.

Sarang ini berwarna putih karena keseluruhan bagian sarang ini terbuat dari air liur burung walet. Di alam bebas, lokasi tempat tinggal burung walet jenis ini adalah pada gua-gua alam. Dan pada sekarang ini telah banyak orang yang membudidayakan burung walet jenis ini untuk di budidayakan dalam gedung-gedung atau rumah walet.

Berbagai tujuan membudidayakan burung walet dalam gedung karena beberapa alasan, yang pastinya salah satunya karena harga jual dari sarang ini yang tinggi menjadikan bisnis sarang walet menjadi bisnis yang menggiurkan dan menguntungkan.

Harga jual dari sarang ini bisa sangat mahal yaitu berkisar Rp 5 juta per kilogramnya untuk sarang yang didapatkan dar gua-guna alam, dan untuk sarang yang didapatkan dari gedung atau rumah walet harganya bisa lebih tinggi lagi yaitu berkisar dari Rp 12 juta per kilogramnya hingga Rp20 jutaan.

2. Walet  Sarang Hitam

Walet Sarang Hitam

Walet Sarang Hitam

Sesuai dengan namanya, sarang ini memiliki warna hitam. Sarang hitam ini merupakan sarang dar burung walet jenis Aerodramus maximus. Sarang ini lain dari jenis sarang putih yang murni seluruhnya terbuat dari air liur burung walet.

Warna hitam disebabkan karena adanya campuran bulu-bulu walet yang berwarna kehitaman yang ada pada sarang. Bulu-bulu tersebut menyatu dan digunakan burung walet sebagai bahan pembangun sarang yang disatukan dengan menggunakan air liurnya.

Karena adanya campuran bulu-bulu burung walet tersebut menjadikan sarang tampak seolah berwarna hitam. Harga sarang walet jenis ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan sarang walet putih yaitu berkisar dari Rp 3 juta hingga Rp 7 juta per kilogramnya.

Tinggi randahnya harga sarang hitam ini sangat ditentukan dari banyaknya bulu yang terdapat pada sarang. Jika bulu semakin banyak makan akan membuat harga sarang menjadi lebih rendah.

3. Walet Sarang Merah

Walet Sarang Merah

Walet Sarang Merah

Sarang merah merupakan sarang yang paling istimewa dengan kandungan gizi yang lebih kompleks dengan manfaat yang lebih banyak dan paling ampuh mengobati berbagai penyakit. Sarang merah ini dihasilkan oleh burung walet pada saat musim hujan berlangsung di tempat yang kelembaban udaranya sangat tinggi. Oleh karena itu sarang walet wara merah lebih sulit ditemui dan memiliki harga yang relatif lebih tinggi dari jenis yang lainnya.

Harga jenis sarang walet warna merah berkisar dari Rp 8 juta hingga puluhan juta rupiah per satu kilogramnya. Meski harganya sangat tinggi sarang walet merah termasuk sarang yang banyak peminatnya.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016