Home » Artikel » Mencegah dan Mengatasi Hama pada Sarang Burung Walet

Mencegah dan Mengatasi Hama pada Sarang Burung Walet

Dec
16
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Mencegah Hama pada Sarang Burung Walet

Hama dan penyakit burung walet merupakan suatu hal yang harus diwaspadai dan kita hindari. Hama dan penyakit memang menjadi slah satu masalah serius oleh para peternak tak terkecuali oleh peternak sarang burung walet.

Hama-hama datang secara tiba-tiba dan muncul dengan berbagai cara yang kita tidak ketahui. Hama-hama tersebut menyerang burung walet hingga akhirnya burung walet jatuh sakit maupun mati. Hama juga dapat menurunkan kualitas sarang walet menjadi rendah hingga akhirnya harga jual sarang tersebut menjadi ikut turun.

Sarang Walet

Sarang Walet

Kehadiran hama dalam rumah sarang burung walet sangat mengancam produktivitas burung walet. Gangguan hama ini dapat menyebabkan burung walet terganggu dan akhirnya tidak betah dan pergi meninggalkan rumah sarang walet ke tempat lain.

Hama ini bukan hanya menyerang burung walet, namun kadang memakan telur burung walet, memakan sarang walet, dan bahkan memakan anakan burung walet. Sebagian besar juga dapat menimbulkan penyakit pada burung walet.

Kondisi aman dan nyaman wajib diberikan kepada burung walet agar nantinya hasil yang didapatkan juga bagus. Lalu bagaimana cara menciptakan kondisi aman dan nyaman yang bebas dari hama? Berikut ulasan beberapa cara hama yang sering menyerang rumah sarang burung walet:

1. Kutu

Hama Kutu

Hama Kutu

Kutu yang biasanya menjadi hama bagi burung walet biasanya dari dua jenis, yaitu kutu burung dan kutu busuk. Kedua kutu ini sama-sama menghisap darah dari burung walet baik burung walet yang masih anakan maupun burung walet yang sudah dewasa.

Kutu juga dapat berakibat fatal. Anakan burung walet yang terserang kutu dapat menjadikannya cacat, tumbuh tidak normal, dan ukurannya kecil bahkan dapat menyebabkan kematian pada burung walet.

Karena ukuran hewan ini sangat kecil terkadang tidak di ketahui oleh para peternak walet. Kutu yang tidak segera dibasmi akan berkembang biak di dalam gedung, dan nantinya akan menyebar ke semua walet dalam gedung.

Cara membasinya hama kutu adalah dengan menaburkan kapur ajaib di sekitar sarang, dapat juga dengan menyemprotkan cairan pestisida yang disemprotkan ke seluruh bagian gedung.

2. Semut

Hama Semut

Hama Semut

Semut adalah hama yang cukup mengganggu. Semut akan memakan anakan burung walet yang akan menyebabkan kematian anak walet, hingga akhirnya perkembangan populasi burung walet akan terhambat.

Untuk mengatasinya dapat dengan menggunakan garis di sekitar sarang walet dengan menggunakan kapur semut. Kapur semut ini dapat membasmi semut dan sama untuk burung maupun manusia.

Atau dapat dilakukan dengan memancing semut dengan memberi umpan, setelah semut mengerumuninya kemudian siram semut dengan air panas.

3. Kecoak

Hama Kecoa

Hama Kecoa

Hama jenis kecoak biasanya akan memakan anak walet, meski kebanyakan tidak menimbulkan kematian namun akan menjadikan burung walet menjadi tidak normal atau cacat, kecil dan tidak sempurna.

Kecoak juga gemar memakan sarang burung walet, sehingga menyebabkan sarang walet menjadi rusak dan bahkan bisa membuat sarang walet menjadi rapuh dan jatuh dari tempat menempelnya.

Cara membasmi kecoak adalah dengan menggunakan racun kecoak yang banyak tersedia di warung. Kita dapat menggunakan racun jenis serbuk atau insektisida, penggunaannya dapat dengan cara disemprotkan maupun diumpan.

Cara lain yaitu kita lakukan pembersihan pada rumah sarang walet dengan membuang barang yang tidak diperlukan agar tidak menjadi tempat persembunyian dan bersarang kecoak.

4. Cicak dan Tokek

Hama Cicak dan Tokek

Hama Cicak dan Tokek

Hawa burung walet ini sering sekali memangsa telur burung walet dan sarang walet. Tokek biasanya akan memangsa anak burung walet. Kotorannya dapat menyebabkan ruangan menjadi tercemar dan akan menimbulkan ketenangan burung walet menjadi terganggu.

Cara pemberantasan hama cicak dan tokek ini yaitu dengan mengusirnya maupun dengan menangkapnya. Untuk penanggulangannya dapat dilakukan dengan membuat saluran air di sekitar pagar untuk menghalangi cicak maupun tokek datang ke gedung.

Tembok bagian luar gedung agar dibuat licin dan dicat, kemudian lubang-lubang yang tidak digunakan supaya ditutup dengan rapat.

5. Tikus

Hama Tikus

Hama Tikus

Hama tikus sering kali memakan telur, anak burung walet, dan bahkan sarang walet. Tikus mendatangkan suara gaduh dan kotoran serta air kencingnya bisa mengakibatkan suhu yang mengganggu ketenangan burung walet.

Cara pembasmian tikus ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dengan memasang jebakan tikus atau juga dapat dengan racun tikus. Cara pencegahan hama tikus dapat dilakukan dengan menutup semua lubang, tidak meletakkan barang bekas atau pun kayu-kayu yang tidak terpakai sembarangan di gedung agar tidak menjadi tempat bersarang tikus-tikus.

Dengan merencanakan sebelumnya secara matang dengan melakukan pencegahan-pencegahan agar hama yang dapat mengancam ketenangan burung walet dalam gedung dapat diantisipasi.

Melakukan pencegahan ini akan lebih mudah dari pada kita harus membasmi hama rumah sarang walet yang sudah menyerang. Peternak diharuskan mengecek secara berkala kesehatan dari burung walet yang dibudidayakannya agar dapat terus menghasilkan sarang walet yang berkualitas.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016