Home » Artikel » Cara Memasak Sarang Burung Walet

Cara Memasak Sarang Burung Walet

Jan
16
2017
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel
sup sarang walet

Sup Sarang Walet

Salah satu hidangan istimewa yang cukup banyak peminatnya oleh orang-orang dari berbagai negara di belahan dunia ini adalah masakan dari sarang walet. Sarang walet telah menjadi hidangan spesial bahkan dari ratusan tahun yang lalu.

Sarang walet sangat digemari oleh masyarakat China, bahkan sangat terkenal di kawasan kerajaan. Sarang walet biasanya dijadikan sebuah sup yang telah menjadi populer bahkan sampai ke banyak negara.

Sarang walet memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan sangat berkhasiat untuk menyehatkan kecantikan kulit. Dengan mengkonsumsi sarang walet dipercaya dapat menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit dan memperpanjang umur.

Di China sejak dulu masakan dari sarang walet sudah menjadi hidangan yang memiliki nilai yang tinggi. Makanan ini aslinya memiliki rasa yang agak hambar, meski demikian sarang walet menjadi makanan yang banyak digemari karena kandungan gizinya yang sangat banyak.

Olahan dari sarang walet cenderung memiliki harga yang cukup mahal, karena memang harga dari sarang walet itu sendiri sudah cukup tinggi. Harga sarang walet per kilogramnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena itu tidak semua orang mampu merasakan masakan dari sarang walet.

Jika ingin merasakan manfaat sarang walet secara maksimal, Anda harus mengkonsumsi sarang walet tersebut secara rutin dan teratur. Jika hanya sekali mengkonsumsinya tidak akan memberikan banyak efek pada tubuh.

Cara Memasak Sarang Walet

Sup Sarang Walet

Sup Sarang Walet

Jika ingin memasak sarang walet, hal pertama yang kita lakukan adalah memastikan sarang tersebut sudah dalam keadaan bersih bebas dari kotoran burung walet dan juga dari bulu-bulunya. Jika sarang walet masih kotor kita perlu membersihkan dan mencucinya.

Cara membersihkan sarang walet cukup sulit, oleh sebab itu disarankan jika Anda ingin memasak sarang walet, belilah sarang yang sudah bersih yang telah melalui proses pembersihan. Sarang bersih tersebut biasanya sudah dikemas dengan bentuk kepingan.

Perlu diperhatikan jika akan memasak sarang walet dari kemasan, disarankan untuk tidak membiarkan kemasannya terbuka cukup lama, apalagi hingga berjam-jam lamanya. Sebab hal itu dapat mengurangi manfaat dan khasiat yang terkandung dalam sarang walet tersebut.

Langkah memasak sarang walet:

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah membuka 1 buah kemasan sarang walet bersih untuk satu porsi.
  2. Rendam sarang walet tersebut dengan menggunakan air jernih dengan suhu normal (bukan air panas maupun air es) selama 90 menit. Sarang walet dapat ditinggalkan selama perendaman.
  3. Setelah 90 menit berlangsung, kemudian tiriskan sarang walet tersebut.
  4. Masukkan 400 ml air ke panci untuk menyeduh sarang walet. Kemudian seduh sarang walet dan masak dengan api kecil.
  5. Masukkan gula batu ke dalam panci tersebut.
  6. Setelah air mendidih dan gula batu tersebut larut kemudian kecilkan api dan masukkan sarang burung walet yang sudah ditiriskan tadi ke dalam panci.
  7. Masak dengan api kecil atau seduh dalam air panas yang telah mendidih selama 3 hingga 5 menit.
  8. Sup sarang walet sudah siap untuk dihidangkan.

Ada lagi cara memasak sarang walet yang lainnya, yaitu dengan memadukannya dengan kaldu ayam atau kaldu sup sapi untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

Sup Sarang Walet

Sup Sarang Walet

  1. Siapkan sarang walet kemasan yang telah bersih satu keping kemasan untuk satu porsi.
  2. Rendam dalam air normal (bukan air panas ataupun air es) selama 120 menit.
  3. Setelah sarang walet mengembang dan terasa lembut, kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan panci yang telah diisi air sebanyak 2 gelas atau sekitar 400 ml di atas kompor dengan api sedang.
  5. Kemudian tambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi untuk memberi rasa yang berbeda.
  6. Tambahkan gula batu sesuai selera untuk memberikan rasa pada sarang walet.
  7. Untuk menambah ras, dapat ditambahkan dengan memasukkan putih telur, pandan, sereh maupun daun mint untuk alternatif perasa sup (sesuai selera, tidak diberi juga tidak apa-apa)
  8. Setelah air mendidih lalu kecilkan api kompor, kemudian masukkan sarang walet yang sudah direndam tadi. Masak selama 2 hingga 4 menit.
  9. Sup sarang walet pun siap untuk dihidangkan. Sebaiknya sup sarang walet ini segera dihabiskan selama masih hangat.

Sup sarang walet ini banyak berguna untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Kandungan di dalamnya bermanfaat untuk mengoptimalkan dan menyehatkan organ-organ tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerahkan kulit dari dalam, dan mencegah penuaan dan kulit keriput.

Mengkonsumsi sarang walet sangat bak untuk sistem pernafasan kita. Kandungan dalam sarang walet dapat menyehatkan paru-paru. Masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam sarang walet ini.

Sarang walet dapat dikonsumsi oleh siapa pun, baik yang masih muda, orang dewasa, dan orang tua sekalipun yang mulai rentan terserang berbagai penyakit. Disarankan sarang walet untuk diberikan kepada ibu hamil dan anak-anak untuk meningkatkan kesehatannya.

Sarang walet juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para perokok. Karena kandungan dalam sarang walet yang mampu meregenerasi sel-sel tersebut mampu memperbaiki bagian tubuh yang rusak.

Pengkonsumsian sarang walet secara rutin dua kali sehari dan dimakan secara teratur akan teras manfaatnya setelah berjalan waktu tiga hingga lima bulan.

Untuk manfaat kulit, waktu yang terbaik dalam mengkonsumsi sarang walet adalah waktu sebelum tidur, yaitu jam 11 malam hingga jam 2 pagi. Di waktu tersebut merupakan waktu terbaik di mana pembelahan sel-sel tubuh terjadi delapan kali lebih cepat dari pada jam-jam lainnya.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Samarinda
Phone 081251095093
Copyright © 2016