Home » Artikel » Cara Cepat Memancing Burung Walet

Cara Cepat Memancing Burung Walet

Dec
26
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Burung walet sangat berbeda dengan jenis burung lainnya. Untuk menangkar dan membudidayakan burung walet memiliki cara tersendiri yang berbeda dari yang lain.

Burung walet sendiri adalah jenis burung liar yang hidup di alam bebas. Yang dicari dari burung walet bukanlah dari segi eloknya bulu yang dimiliki ataupun merdunya kicauan dari burung tersebut, melainkan sarangnya yang memiliki banyak kandungan manfaat.

Burung walet oleh para pembudidaya sarang walet rumahan perlu mengetahui bagaimana cara memancing burung walet agar mau menempati rumah atau gedung yang telah dipersiapkan sebagai tempat bersarangnya para burung walet. Sehingga nantinya menghasilkan sarang yang berkualitas dan banyak jumlahnya.

Burung walet bukanlah tipe burung yang cara mendapatkannya dengan dibeli kemudian ditangkarkah, namun untuk bisa mendirikan rumah sarang walet diperlukan sekelompok burung walet yang secara alami mau membuat sarang pada gedung yang telah kita siapkan.

Cara Memancing Sarang Walet

Rumah Sarang Walet

Untuk memikat dan memancing burung walet membutuhkan pengetahuan dan alat-alat yang bisa menarik perhatian burung walet. Namun, sebelumnya yang terpenting kita harus mencari lokasi yang cocok yang disukai oleh burung walet.

Lokasi untuk mendirikan rumah sarang walet usahakan lokasi yang dekat dengan pedesaan, persawahan, pantai, hutan, padang rumput, sungai, atau rawa. Pilihlah lokasi terbuka untuk lokasi rumah sarang walet. Jangan ada pohon-pohon tinggi di sekitar rumah sarang walet.

Setelah pemilihan lokasi untuk rumah sarang walet telah selesai kemudian barulah mendesain rumah walet. Dalam mendesain rumah sarang walet sendiri sedikit berbeda dengan rumah seperti pada biasanya. Pendesainan harus disesuaikan dengan lingkungan asli habitat aslinya.

Setelah semua selesai dan rumah sarang walet siap huni, langkah selanjutnya adalah bagaimana memancing burung walet agar mau menghuni dan bersarang di rumah walet yang telah kita buat. Untuk itu kita perlu terlebih dahulu mempelajari karakter dari burung walet itu sendiri. Karakter burung walet tersebut antara lain:

1. Ekolasi

Ekolasi merupakan salah satu kemampuan burung walet untuk menghasilkan suara dengan frekuensi yang sangat tinggi. Suara yang dihasilkan ini sangat penting fungsinya untuk walet. Suara tersebut berguna untuk menentukan suatu benda yang ada di depannya.

Kemampuan ekolasi kebanyakan akan dikeluarkan pada malam hari. Hal ini dikarenakan burung walet merupakan hewan yang aktif pada malam hari. Burung walet akan mengeluarkan suara dengan frekuensi yang tinggi untuk mengetahui benda yang ada di depannya yang digunakan juga oleh burung walet untuk berburu mencari makanan.

Sarang walet jarang mengeluarkan suara dengan frekuensi yang tinggi ini pada siang hari, hal ini dikarenakan pada siang hari para burung walet menghabiskan waktunya untuk beristirahat.

2. Masa Perkembangbiakan

Burung walet memiliki masa perkembangbiakan yaitu hanya pada saat-saat tertentu saja. Burung walet akan kawin atau musim kawin dari burung walet adalah pada saat musim penghujan. Pada saat itulah burung walet melangsungkan proses perkawinan.

Burung walet akan melangsungkan proses perkawinannya pada malam hari, hal ini sudah didasarkan pada kebiasaan burung walet yang aktif pada malam hari.

Memancing Burung Walet

Memancing Sarang Walet

Rumah Sarang Walet

1. Dengan Teknik Suara

Untuk memancing bagaimana burung walet mau menempati gedung yang kita bangun dapat menggunakan tape recorder yang berisi rekaman suara burung walet yang dinyalakan pada saat burung walet keluar dari sarang untuk berburu mencari makanan yaitu jam-jam pagi hari dari jam 5 pagi hingga jam 9 siang, dan pada sore hari sekitar jam 4 sore hingga jam 6 sore.

Keberhasilan memancing dengan teknik ditentukan dari 3 kemungkinan, yaitu suara tape recorder yang kurang bersih, volume yang terlalu lemah atau terlalu keras, dan keadaan bagian dalam gedung bangunan yang masih kurang sesuai dan kurang nyaman bagi burung walet.

2. Menempatkan Kotoran Burung Walet

Letakkan juga beberapa kotoran burung walet dalam gedung untuk menciptakan kesan alami pada gedung. Hal ini dapat memunculkan ketertarikan pada burung walet sehingga burung walet yang tertarik akan mencoba memasuki gedung.

3. Membuat Ruangan Beraroma Wangi

Burung walet menyukai aroma wangi, jadi bisa ditambahkan untuk membuat ruangan rumah sarang walet menjadi beraroma wangi. Selain itu buat juga buat aliran air pada bagian bawah gedung, beri juga pengatur kelembaban dalam gedung untuk membuat ruangan gedung menjadi terlihat seperti yang ada di lingkungan alaminya.

4. Menyediakan Pakan Alami

Dengan menyediakan pakan alami juga dapa menarik bruung walet utuk masuk e dalam gedung. Penyediaan pakan alami dapat dibauat dengan membuat tumpuakn jerami di lantai dalam gedung yang telah diberi beberapa serangga kecil sebagai pakan burung walet.

Penyediakan paakan alam jga dapat dengan membuat kolam-kolam kecil yang nnatinya untuk serangga air. Selain sebagai tempat penyedia pakan alami, kolam juga berfungsi untuk pengendali suhu dan penjaga kelembaban udara.

Untuk berbagai perlengkapan untuk memancing burung walet tersebut dapat diperoleh dari berbagai tempat toko walet yang saat ini banyak tersedia dari berbagai kota. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016