Home » Artikel » 12 Manfaat Sarang Burung Walet

12 Manfaat Sarang Burung Walet

Nov
30
2016
by : Fajar Setiyoko . Posted in : Artikel

Sarang walet sudah semenjak ratusan tahun yang lalu sudah diyakini dan dikonsumsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh. Sarang walet diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan sarang walet memiliki nilai gizi yang tinggi dan kaya akan kandungan lain yang berperan penting dalam membantu sistem dalam tubuh.

Sarang walet terbuat dari air liur walet (saliva) dengan tekstur seperti agar-agar (gelatin), bau sarang walet seperti putih telur. Sarang walet memiliki banyak kandungan seperti zat antioksidan, kandungan protein yang banyak sekali jumlahnya, 17 asam amino baik asam amino esensial, semi-esensial dan juga asam amino non-esensial, dan 6 hormon penting, di antaranya seperti testoteron dan stradiol.

Kandungan nutrisi dalam 100 gram sarang walet atau kurang lebih 12 keping besar sarang walet yaitu:

  • 49,9 gram protein
    Kandungan protein dalam sarang walet meliputi nitrogen amido, nitrogen monoamina, nin-amino nitrogen, argini, humin, histidin, lisin, dan sitein. Kandungan protein yang terdapat dalam sarang walet merupakan protein yang mudah larut dalam air, sehingga memudahkan tubuh untuk menyerap kandungan protein tersebut.
  • 30,6 gram karbohidrat
    Kandungan karbohidrat dalam sarang walet meliputi glikoprotein dan musin.
  • 4,9 gram zat besi
  • 2.5 gram garam anorganik
    Kandungan garam anorganik dalam sarang walet meliputi kalium, kalsium, magnesium, besi, fosfor, dan natrium serat garam mineral jenis lainnya.
  • 1,4 gram serat

 

Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat sarang walet

Sarang Walet

Banyak sekali manfaat yang terdapat sarang walet. Di dalam dunia pengobatan meyakini bahwa dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam sarang walet, sarang walet mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan di China sudah dari beratus-ratus tahun yang lalu sarang walet sudah dijual secara bebas untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai obat. Tidak hanya di masyarakat biasa, namun sarang walet dulunya juga sangat digemari oleh keluarga kerajaan.

Karena memiliki manfaat yang sangat besar, sarang walet dicari-cari dan dipandang sebagai makanan istimewa yang memiliki kandungan manfaat yang besar. Karena untuk mendapatkan sarang walet ini cukup sulit, sarang walet kemudian memiliki harga yang tinggi.

Banyak orang dari belahan dunia mencari sarang walet karena ingin mendapatkan manfaatnya, lalu apa manfaat dari sarang walet ini? Berikut manfaat sarang walet untuk kesehatan tubuh:

1. Sarang walet sebagai sumber antioksidan
Sarang walet yang terbuat dari air liur walet ini dapat berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit.

2. Sarang walet menyehatkan sistem reproduksi
Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam sarang walet, sarang walet bermanfaat dalam menyehatkan sistem reproduksi. Menurut penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong di tahun 2003, menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam sarang walet mampu mengoptimalkan fungsi organ tubuh dan mengoptimalkan hormon yang dapat menyehatkan sistem reproduksi.

3. Menyehatkan ibu hamil dan anak dalam kandungan
Sudah dari dulu di China sarang walet dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan manfaat dalam sarang walet yang mampu menjaga kesehatan dan sistem daya tahan tubuh sangat baik untuk wanita hamil. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi sarang walet dalam masa kehamilannya akan membuat bayi yang dilahirkan lebih sehat, kulit bayi yang lebih sehat, dan juga kulit ibu akan menjadi lebih elastis.

4. Menjaga kesehatan kulit
Sarang walet yang mengandung glicoprotein ini mampu meregenerasi kolagen. Kolagen adalah salah satu protein yang terdapat dalam organ-organ tubuh manusia. Seiring bertambahnya usia maka kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang sehingga kulit terlihat lebih kusam dan berkeriput.

Orang yang mengkonsumsi sarang walet secara rutin akan terlihat lebih muda, karena dengan mengkonsumsi sarang walet berarti turut meningkatkan kolagen yang membuat kulit lebih sehat dan bersih dari dalam.

5. Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat
Sarang walet mengandung asam amino yang dapat meningkatkan kecerdasan dan sistem kerja otak. Kandungan asam amino dalam sarang walet tidak kalah dengan asam amino yang terdapat dalam ikan salmon, ikan tuna, maupun lobster.

6. Mengobati sakit paru-paru
Berbagai keluhan yang berhubungan dengan sakit paru-paru dapat diobati dengan mengkonsumsi sarang walet. Penyakit seperti batuk, TBC, asma, dan kesulitan menelan dapat diatasi dengan mengkonsumsi sarang walet. Sarang walet dapat menambah asupan oksigen ke paru-paru sehingga dengan rutin mengkonsumsi sarang walet akan menjadikan paru-paru menjadi sehat.

7. Meningkatkan nafsu makan
Tubuh yang kelelahan karena banyak melakukan aktivitas maupun lemas karena sakit dapat menyebabkan selera makan menurun. Dengan tubuh lemas akan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi ini dianjurkan untuk mengkonsumsi sarang walet, karena dengan kandungan yang terdapat dalam sarang walet akan membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Disarankan untuk mengkonsumsi sarang walet dapat dicampur dengan susu atau dengan sup dari kaldu tulang sapi.

8. Mempercepat regenerasi sel
Dengan kandungan sarang walet yang terdiri dari banyak protein dan mineral serta adanya kandungan glycoprotein yang dapat membantu regenerasi sel dan pertumbuhan sel-sel baru, menjadikan kulit lebih awet muda, serta kekebalan tubuh akan meningkat.

9. Mengobati kerusakan pada pembuluh darah
Pembuluh darah yang rusak dapat disebabkan karena pola makan yang tidak baik seperti berlebihan mengkonsumsi lemak berlebih. Dengan adanya penumpukan lemak akan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah karena adanya pengerasan dan penyempitan arteri ke jantung.

Dengan mengkonsumsi sarang walet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga arteri akan terjaga dan pengerasan pada pembuluh darah dapat dicegah.

10. Mengobati hipertensi
Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang cukup membahayakan untuk penderitanya. Dengan rutin mengkonsumsi sarang walet dengan rutin dapat menstabilkan tekanan darah dan membuat peredaran darah normal kembali.

11. Mengobati sakit kanker
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandunga yang terdapat dalam sarang walet dapat digunakan untuk melawan sel kanker, jika rutin mengkonsumsi sarang walet maka akan dapat mencegah sel kanker berkembang dan orang yang menderita sakit kanker akan dapat sembuh.

12. Mengobati batuk kering
Batuk kering dengan tanpa dahak maupun dengan dahak yang sedikit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sarang walet. Batuk kering disebabkan karena paru-paru kekurangan pasokan oksigen. Dengan mengkonsumsi dengan rutin sarang walet akan menambah kadar oksigen di dalam paru-paru sehingga segala keluhan yang menyangkut paru-paru dapat dipulihkan.

13. Meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh
Sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah laboratorium independen menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam sarang burung walet yaitu glicoprotein yang mudah larut dalam air dapat berperan untuk membantu pembelahan dan memproduksi sel-sel dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh.

Sarang walet diyakini dapat mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak dalam tubuh. Selain itu sarang walet juga dapat memperkuat kerja fungsi tubuh dan meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.

Sarang walet sangat efektif dikonsumsi untuk segala usia terutama untuk anak-anak, ibu hamil, dan para manula yang mudah terserang berbagai penyakit. Sarang walet memang baik untuk segala usia, dengan manfaatnya yang selain berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem metabolisme tubuh, dapat juga digunakan untuk mengobati segala macam penyakit.

Sarang walet dapat dikonsumsi sebagai minuman maupun diolah menjadi sup yang enak. Selain rasanya nikmat dan enak, akan tetapi olahan dari sarang walet juga menyehatkan dan bergizi.

Meski sangat menyehatkan akan tetapi tidak semua orang dapat merasakan dan mengkonsumsi sarang walet , karena harga sarang walet terkenal memiliki harga yang mahal.

Leave a Reply

Kontak

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan pada Menu Kontak yang telah Kami sediakan.
Distributor Sarang Walet Terpercaya & Profesional
Yogyakarta
Phone 085725510616
Copyright © 2016